WSBK Mandalika 2023 Ditarget 100 Ribu Penonton, Butuh Persiapan Lebih


Lombok Tengah

Kabarnya pagelaran Mandalika WSBK 2023 akan mendatangkan 100.000 penonton. Tentu saja tujuan ini membutuhkan persiapan yang lebih matang.

Ajang balap motor WSBK Mandalika 2022, berhasil menghadirkan 51.629 penonton selama 3 hari penyelenggaraannya. Jumlah ini melebihi target yang ditetapkan yakni 50.000 penonton.

Jumlah penonton WSBK Mandalika 2022 bahkan melampaui jumlah penonton pada ajang di Sirkuit Silverstone Inggris yang mencapai 42 ribu penonton. Tahun depan, target WSBK Mandalika 2023 kabarnya akan ditingkatkan lagi hingga mencapai 100 ribu penonton.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Tahun depan di WSBK kami diberikan target yang lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 100.000 penonton dan ini tidak bisa dianggap enteng. Apalagi jarak antara WSBK 2022 November lalu dan WSBK 2023 Maret ini hanya sekitar 2 bulan. selain kerja efektif,” kata Taufan Rahmadi, Ketua Tim WSBK Kemenparekraf RI dalam keterangannya, Rabu (23/11/2022).

Menurut Taufan, untuk mencapai target 100.000 penonton tentunya dibutuhkan kerja keras dan persiapan yang lebih matang untuk mencapai target tersebut.

Dari performa WSBK 2022 Mandalika, Typhoon menyebut ada 3 hal yang perlu diperbaiki. Pertama soal peningkatan fasilitas bagi wisatawan yang menonton event balap motor kelas dunia.

“Pertama, penting meningkatkan kualitas fasilitas penonton. Tempat salat, surau misalnya. Ini penting. Agar penonton muslim merasa nyaman saat salat sambil menyaksikan World Superbike. Ini pekerjaan rumah bagi penyelenggara yang harus mendapat perlakuan khusus. perhatian,” kata Taufan.

Selanjutnya soal pagelaran budaya sebagai daya tarik penonton yang akan menyaksikan WSBK Mandalika 2023 tahun depan.

“Kemudian yang kedua pertunjukan budaya. Ini sangat penting untuk diperkaya. Bahkan kalau boleh saya usul, nanti pertunjukan budaya ini benar-benar bisa menjadi kolaborasi. Tidak hanya NTB, tapi semua destinasi wisata super prioritas se-Indonesia,” dia menambahkan.

Evaluasi terakhir adalah tentang stand UMKM sebagai penggerak ekonomi penduduk setempat, selain untuk memenuhi kebutuhan penonton akan cinderamata, oleh-oleh dan oleh-oleh setelah menyaksikan acara lomba WSBK.

“Ketiga, berbicara tentang stan UMKM. Menurut saya Lombok-Sumbawa Fair ini sangat bagus. Nah, kita sama-sama harus bisa membuat flow, layout yang tidak terlalu jauh dan mudah kita jangkau, kapan pun kita mau. belanja di stan UMKM di Lombok-Sumbawa Fair,” ujar Taufan.

Dalam kesempatan terpisah, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi atas keberhasilan WSBK Mandalika 2022.

“Saya ingin berterima kasih kepada teman saya Taufan Rahmadi yang telah melakukan dengan baik dan berhasil menyelesaikan tugasnya di balapan World Superbike Mandalika 2022. Terbaik, terbaik. Teruskan upaya untuk acara berikutnya. Mari terus bekerja sama memulihkan ekonomi dan menciptakan kesempatan kerja seluas-luasnya,” ujar Sandiaga.

Simak video “Mulai Rp 74.000, Ini Daftar Harga Tiket WSBK Mandalika 2022”
[Gambas:Video 20detik]
(www www)