Wajah Baru TMII, Pedestrian dan Anjungan Makin Kece


Jakarta

Setelah dihidupkan kembali, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dilengkapi fasilitas ramah pejalan kaki. Selain itu, paviliun provinsi juga semakin indah.

Saat ini TMII menerapkan konsep ramah lingkungan. Kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor dilarang berkeliaran di kawasan wisata pendidikan.

Sebaliknya, pengunjung bisa menikmati TMII dengan berjalan kaki. Jangan khawatir karena jalur pejalan kaki dibuat lebar dan bersih.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Tak hanya itu, ada juga jalur sepeda bagi pengunjung yang hobi bersepeda. Dari pemantauan detikcomMinggu (20/11/2022) sudah ada rambu jalur khusus sepeda di sana agar pengunjung semakin nyaman.

Namun jika traveler tidak ingin lelah berjalan kaki dan bersepeda, TMII juga menyediakan mobil listrik yang akan membawa pengunjung berkeliling. Pembayaran gratis.

Mobil listrik ini akan menjemput pengunjung dari gedung menuju tempat parkir. Di gedung parkir itulah semua kendaraan bermotor termasuk bus diparkir.

Di hari pertama uji coba terbatas, pengunjung masih terlihat bingung dengan sistem baru yang diterapkan TMII. Salah satu pengunjung dari Depok, kata Riri, sedang mencari-cari tempat memarkirkan sepeda motornya. Ia juga tidak mengetahui bahwa wahana yang akan ia tempuh tidak dapat dilalui oleh kendaraan pribadi.

“Kemarin tidak baca. Harus keliling, tidak bisa ke Taman Burung, harus jalan kaki. Harus naik mobil listrik untuk antri dulu dan agak rusuh,” ujarnya. .

Wajar jika antrean penumpang mobil listrik kurang terkontrol sehingga pengunjung saling berpelukan. Ke depan, Riri berharap hal ini bisa ditertibkan.

Selain itu, TMII terlihat semakin menarik dengan hadirnya taman-taman. Melalui revitalisasi tersebut, TMII sengaja didesain memiliki lebih banyak ruang terbuka hijau yakni 70 persen.

Tidak hanya itu, beberapa paviliun daerah juga dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satunya Paviliun Papua yang kini dilengkapi dengan rumput sintetis agar terlihat lebih hijau.

Tampilan baru TMII memanjakan pengunjung. Salah satunya adalah Syifa yang berasal dari Lampung.

“Mini Park sekarang lebih rapi dan bersih,” katanya.

Riri yang datang bersama kedua anaknya yang masih kecil juga mengaku senang dengan suasana baru TMII. Katanya, dia sudah tidak sabar untuk berwisata ke sana lagi.

“Senang bisa kembali,” katanya.

Tonton Video “Garis Penuh di Pintu TMII Selama Uji Coba Terbuka Terbatas Hari Ini”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/perempuan)