Sekilas Perbandingan Bus Kota di Bangkok dan Jakarta, Pemenangnya...


Bangkok

Mari kita bandingkan bus kota di Bangkok dan Jakarta. Sekilas, pengalaman ini akan menentukan mana yang lebih unggul.

Menurut kami yang pernah datang ke Bangkok, faktor pertama yang sangat berpengaruh saat naik angkutan kota tanpa AC adalah cuaca dan suhu. Selama bulan ini, cuaca di Thailand cenderung bersahabat dan tidak terlalu panas karena bagian utara sedang memasuki musim dingin.

Ada beberapa jenis transportasi massal di kota Bangkok seperti bus, kapal, MRT hingga Skytrain. Kali ini kita akan fokus pada bus khususnya yang non AC.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Jadi, Kota Bangkok masih memiliki transportasi lama hingga saat ini. Tiketnya cukup murah, hanya sekitar 10 baht atau Rp 4.500.

Bus besar tanpa AC tetap bisa beroperasi di pusat kota Bangkok. Pelancong dapat menaikinya dengan berdiri dan melambaikan tangan di halte yang sebagian besar hanya memiliki tanda tanpa atap dan tempat duduk.

Bus tua Bangkok (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Jalur bus ber-AC dan non-AC bersinggungan dan pemudik bisa melintas di persimpangan tersebut. Di jalan-jalan kecil di pusat kota Bangkok, bus besar non-AC masih dapat ditemukan dengan mudah.

Tidak ada jalur khusus untuk bus kota di Bangkok. Memasuki bus non AC, pemudik akan disapa oleh kernet. Dia akan membebankan biaya perjalanan konvensional dan beberapa akan menggunakan kartu/tanpa uang tunai. Kotak uang kernet juga ikonik.

Bus tua Bangkok (Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)

Meski tidak ber-AC, bus-bus tua di Bangkok masih dipenuhi penumpang. Muda dan tua menggunakannya untuk sampai ke tujuan yang dituju.

Jika pemudik ingin turun, terdapat tombol bel yang harus ditekan yang biasanya terletak di atas pintu keluar penumpang. Jadi, bus tidak berhenti di setiap halte dan setiap halte harus ada di halte atau tidak berhenti sembarangan.

Lalu, mana yang menjadi pemenang dari ikhtisar evaluasi tersebut? Kami cenderung menyukai tata letak TransJakarta karena memiliki halte yang baik dan sistem pembayaran yang up-to-date.

Tonton Video “Demonstrasi Tolak KTT APEC di Thailand Dibubarkan dengan Tembakan Peluru Karet”
[Gambas:Video 20detik]
(misalnya/perempuan)