Saat masih hidup, Budyanto meminta saksi tak melapor ke polisi setelah melihat jasad di rumah Kalideres. Namun, Budyanto ikut meninggal.


Jakarta, CNNIndonesia

Pegawai koperasi simpan pinjam diminta tidak melapor ke polisi saat melihat jenazah korban Reni Margareth kematian sebuah keluarga di Kalideres, Jakarta Barat. Permintaan ini datang dari korban lain, Budyanto Gunawan, yang masih hidup pada Mei 2022.

Margareth (68) adalah salah satu korban yang tewas dalam kematian keluarganya di Kalideres. Tiga orang lainnya yang juga ditemukan tewas di rumah yang sama adalah Budyanto (68), Rudiyanto Gunawan (71) dan Dian (42).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Tujuan saksi datang ke rumah korban terkait dengan penggadaian sertifikat rumah. Namun saat mengetahui Margaretha telah meninggal, saksi keluar dari rumah.

“Langsung saja yang bersangkutan tidak mau lagi melanjutkan proses gadai dan pinjam uang, terus mengundang dua saksi lainnya untuk segera berangkat,” kata Kombes Hengki Haryadi, Direktur Reserse Kriminal Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya, Senin ( 21/11).

Saat saksi keluar dari rumah, Budyanto langsung mengejarnya. Setelah itu, dia meminta saksi untuk tidak melaporkan apa yang dilihatnya di dalam rumah.

“(Kata Budyanto) tolong jangan lapor ke polisi, jangan lapor ke RT atau warga disini, dan ternyata tidak dilaporkan,” kata Hengki.

Hengki mengaku menyayangkan keputusan saksi yang tidak melaporkan jenazah di rumah tersebut. Akibatnya, kematian satu keluarga baru diketahui beberapa bulan kemudian.

“Ini yang kita sesali karena kita sebagai masyarakat tidak boleh permisif,” katanya.

Dalam kasus ini, empat anggota satu keluarga ditemukan tewas di sebuah rumah di Perumahan Citra Garden Satu Extension, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11).

Namun, lebih dari seminggu setelah penemuan itu, polisi belum mengungkap penyebab kematian korban. Dari hasil pemeriksaan awal, polisi menyatakan penyebab kematian keempat orang tersebut bukan karena kelaparan.

Dari hasil pemeriksaan terakhir, polisi menyebut ada korban atas nama Reni Margaretha yang meninggal dunia sejak Mei lalu. Hal itu diketahui berdasarkan keterangan saksi yang datang ke rumah korban pada bulan itu.

“Bisa disimpulkan ada yang meninggal sejak Mei lalu. Diduga atas nama Reni,” kata Direktur Reserse Kriminal Polres Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi.

(des/pm)

[Gambas:Video CNN]