Riwayat Kesehatan Ki Joko Bodo Sebelum Meninggal, Hipertensi-Pembengkakan Kaki


Jakarta – Ki Joko Bodo meninggal dunia hari ini, Selasa (22/11/2022) pukul 09.57 WIB dalam usia 57 tahun. Putrinya, Ayda Prasasti, juga membenarkan kabar meninggalnya mantan paranormal itu.

“Betul. Dia meninggal sekitar pukul 09.57 WIB,” terang Ayda seperti dikutip dari Detik panasSelasa (22/11/2022).

Hingga saat ini, penyebab meninggalnya Ki Joko Bodo masih belum diketahui secara pasti. Namun, diketahui bahwa Ki Joko Bodo memiliki riwayat penyakit semasa hidupnya.

Hipertensi

Ayda mengungkapkan bahwa ayahnya memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Namun, Ayda menegaskan bahwa penyakit tersebut bukanlah penyebab kematian ayahnya.

“Ditemukan [riwayat] tekanan darah tinggi. Ayah saya memang ada jadwal kontrol di hari Kamis, tapi dia berangkat lebih awal,” kata Ayda dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (22/11).

“Nggak ada (pemicu), ini saatnya. Ini takdir,” kata Ayda.

Kaki bengkak

Selain hipertensi, pada tahun 2020 ini Ki Joko Bodo juga mengalami pembengkakan pada kedua kakinya. Kondisi ini membuatnya sulit untuk berjalan.

Ki Joko Bodo pun menjelaskan penyebab kakinya bengkak. Selama kakinya bengkak, dia menggunakan kruk untuk berjalan.

“Sudah sebulan lebih. Sama-sama bengkak. Kami orang yang sering meditasi,” kata Ki Joko Bodo saat diwawancarai pada Desember 2020.

“Ya, sakit atau tidak, jangan dipikirkan. Bukan jatuh dari kamar mandi, katanya dari kamar mandi, jatuh dari sini (rumah bale) dalam beberapa detik, tiba-tiba jadi begini,” kata Ki Joko Bodo.

Setelah Dihukum Dia Hidup 6 Tahun Lagi

Mantan paranormal itu juga mengungkapkan bahwa dia pernah dijatuhi hukuman 6 tahun seumur hidup. Namun, Ki Joko Bodo sendiri tidak pernah mengungkapkan penyakitnya.

“Saya dirawat di Rumah Sakit Port Priok. Kata dokter saya baru berusia 6 tahun. Tapi, sebenarnya… saya tidak percaya pada manusia, saya percaya pada Tuhan,” katanya saat itu.

Simak video ‘Suasana Kamar Mayat Ki Joko Bodo’:

[Gambas:Video 20detik]

(sao/naf)