Kepolisian Resor Manokwari Polda Papua Barat menangkap 46 orang dalam operasi penambangan ilegal di Kampung Wasirawi Distrik Masni Kabupaten Manokwari.


Jakarta, CNNIndonesia

Polres Manokwari menangkap 46 orang di tambang emas ilegal di Desa Wasirawi, Kecamatan Masni, Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Kapolres Manokwari AKBP Parasian Herman Gultom di Manokwari memimpin operasi penambangan liar sejak Jumat (18/11). Hingga Selasa pekan lalu, operasi berhasil menangkap 46 orang dari lokasi kejadian.

“46 orang ditangkap dari lokasi penambangan emas ilegal di Desa Wasirawi. Mereka ditangkap secara berurutan dalam operasi tersebut, dan kini ditahan di Mapolres Manokwari untuk dimintai keterangan masing-masing,” kata Herman dalam keterangannya dikutip Antara, Rabu (23/11).

Hingga saat ini, lanjutnya, 46 orang yang ditangkap masih berstatus saksi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Pasalnya, proses penelitian dan pengumpulan informasi masih terus dilakukan untuk mengusut peran mereka dalam kegiatan penambangan emas ilegal.

Dalam keterangan terpisah, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Daniel TM Silitonga di Manokwari menyatakan, upaya pencegahan dan penegakan hukum terhadap kegiatan penambangan liar di wilayah Papua Barat merupakan salah satu bidang perhatian yang harus ditingkatkan. polisi.

“Penertiban kegiatan penambangan liar merupakan bagian dari perhatian saya untuk memastikan tidak ada potensi gangguan keamanan warga di sekitar lokasi, hingga kegiatan ilegal yang merugikan pemerintah dan negara di bidang pertambangan,” ujarnya.

(sfr)

[Gambas:Video CNN]