Perut Buncit Picu Serangan Jantung dan Gangguan Paru-paru


Jakarta – Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat tidak asing lagi dengan istilah perut buncit. Bagi yang memiliki perut buncit juga harus berhati-hati. Ternyata, kondisi ini rentan terhadap penyakit serius. Misalnya, serangan jantung, gangguan paru-paru, dan penyakit lainnya.

“Banyak (penyakit). Jadi misalnya pada orang obesitas dibandingkan orang non obesitas, risiko kejadian kardiovaskular lebih tinggi pada orang obesitas. Kardiovaskular mulai dari serangan jantung, tekanan darah tinggi, resistensi insulin, mendengkur, bisa juga terjadi. Jadi, sedapat-dapatnya kita menghindari perbedaan pendapat ini,” jelas dr Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD atau biasa disapa dr Koko dalam acara e-Life Jumat (18/11/2022) lalu.

“Bahkan jika kelebihan berat badan (di bagian bawah) bisa terkena osteoarthritis, radang sendi, lalu ke bagian atas (tubuh) bisa ada masalah jantung, masalah paru-paru,” lanjutnya.

Salah satu olahraga yang dianjurkan untuk penderita obesitas oleh dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, SpPD atau biasa dipanggil dr. Coco sedang berenang. Karena menurutnya berenang membuat seluruh tubuh bergerak secara bersamaan.

“Berenang itu bagus. Karena kita menggerakkan hampir semua otot besar di tubuh secara bersamaan,” jelasnya.

(mjt/mjt)