Pemprov DKI berkolaborasi dengan BPBD, Dinas DSA, JSC menghadirkan fitur JakPantau di aplikasi JAKI untuk warga bisa mengecek titik-titik banjir di musim hujan.


Jakarta, CNNIndonesia

Musim hujan semakin dekat. Di Jakarta, ini menjadi tanda bagi warga untuk bersiap menghadapi risiko banjir dan banjir akibat curah hujan yang sangat tinggi.

Persiapan menghadapi hujan harus dilakukan secara maksimal. Pasalnya, titik banjir bisa mengancam rumah pribadi bahkan menghambat perjalanan.

Kini JAKI memiliki fitur JakPantau, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara mengecek titik banjir di Jakarta. Fitur JakPantau dapat menginformasikan pemantauan banjir dan banjir di ibu kota.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Fitur ini juga merupakan kerjasama berbagai pihak seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Dinas Sumber Daya Air (DSDA) DKI Jakarta, Jakarta Smart City (JSC), dibantu laporan banjir warga yang masuk melalui CRM. sistem (Cepat). Tanggapan Masyarakat).

Kenali fitur-fitur JakPantau di JAKI

Hal pertama yang perlu dilakukan pengguna sebelum memanfaatkan fitur JakPantau adalah mengunduh JAKI yang bisa didapatkan melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Setelah membuka JAKI dan memilih menu JakPantau, pengguna akan dapat melihat tampilan peta Jakarta dengan berbagai fitur JakPantau.

Dengan fitur ini, pengguna bisa langsung mengecek nomor dan lokasi pintu air di Jakarta. Di menu tarik-turun Semua Aliran, Anda akan melihat pintu air mana yang aktif di aliran tertentu. Pada menu ini terdapat pilihan All Channels, West Stream, Central Stream dan East Stream.

Kemudian melalui sub menu Pos Pengamatan, pengguna akan dapat mengetahui lokasi pos pengamatan aktif sesuai dengan hari dan tanggal yang dipilih. Sama seperti Watergate, Anda juga bisa mengubah opsi aliran yang ada.

Sedangkan pada fitur Water Pump, pengguna akan mendapatkan informasi sebaran pompa air di seluruh Jakarta, karena dalam satu waktu bisa lebih dari satu pompa air.

Selain itu, melalui fitur ini pengguna juga dapat melihat jumlah total pompa air di Jakarta, baik yang beroperasi maupun dalam keadaan siaga.

Cara Cek Titik Banjir di JAKI

Berbagai informasi terkait pengendalian banjir seperti pintu air, pos pengamatan, dan pompa air lengkap bisa didapatkan di JakPantau. Informasi titik banjir di Jakarta juga bisa diakses melalui JakPantau.

Berikut langkah-langkah untuk mengetahui cara melihat titik banjir dari tingkat RT di Jakarta:

1. Buka fitur JakPantau di aplikasi JAKI.
2. Klik opsi Informasi Banjir.
3. Klik opsi “Flood Information (RT)” di kanan atas.
4. Dari sini pengguna akan diarahkan ke dashboard peta banjir.

Pada dashboard pemantauan banjir RT DKI Jakarta, pengguna akan dapat melihat titik-titik banjir atau banjir di peta.

Pada saat yang sama, pengguna juga dapat mengetahui informasi seperti jumlah RT terdampak banjir per wilayah kota, wilayah terdampak banjir, daftar RT terdampak banjir, dan data pintu air banjir.

Data banjir yang ditampilkan bersumber dari BPBD DKI Jakarta, informasi pintu air dari DSDA DKI Jakarta, sedangkan peta wilayah diperoleh dari Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta.

Selain kerjasama ketiga instansi tersebut, penyebaran informasi titik banjir di Jakarta juga tidak terlepas dari kolaborator di lapangan yang melaporkan secara detail titik banjir dan banjir.

Pemprov DKI mengingatkan warga agar tidak terlambat dan selalu waspada. Dengan tingginya curah hujan di musim penghujan, pengguna harus mewaspadai potensi banjir dan banjir di Jakarta.

Selain itu, pengguna juga dapat berperan membantu sesama dengan melaporkan kejadian banjir dan banjir yang ditemukan melalui fitur JakLapor di JAKI. Pelaporan banjir dan banjir melalui JAKI akan memudahkan petugas dalam menangani banjir secara tepat dan cepat.

(osc)