Museum Ini Pamerkan Kegagalan di Seluruh Dunia


Jakarta

Siapa yang ingin gagal bukan? Namun di museum ini Anda bisa belajar dari berbagai kegagalan yang dipamerkan. Mari kita lihat museumnya.

Dilihat dari situsnya, Selasa (22/11/2022), museum ini merupakan gagasan dari psikolog klinis dan peneliti inovasi di Universitas Lund Swedia, yang juga kurator museum, Samuel West. Dia mengumpulkan produk dan layanan yang gagal dari seluruh dunia, lalu menampilkannya untuk memberikan pengalaman belajar bagi pengunjung museum.

Awalnya West tertarik dengan psikologi di balik kegagalan. Ia pun membeli berbagai produk yang gagal untuk kebutuhannya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Samuel West, kurator Museum Kegagalan (Museum of Failure)

Kini lebih dari 159 produk gagal ditampilkan. Beberapa barang yang ‘gagal’ ini antara lain sofa IKEA AIR, Apple Newton, Nokia N-Gage, Sony Betamax, Parfum Harley-Davidson, Kamera Digital Kodak, Google Glass, snack Pringles dan masih banyak lagi.

Ada satu produk gagal yang dianggap paling gila, yaitu kondom semprot yang dijual pada tahun 2006 hingga 2008. Meski diciptakan sebagai solusi dari beberapa masalah, kondom semprot dianggap menakutkan untuk digunakan. Aplikator mengeluarkan suara mendesis keras dan proses pengeringan membutuhkan waktu 2-3 menit.

Hal menarik lainnya adalah Coca-Cola Blaki pada tahun 2016. Coca Cola sudah dua tahun meracik minuman soda-kopi racikan dan saat diperkenalkan ke publik kurang mendapat sambutan. Banyak yang mengatakan produk ini adalah minuman terburuk dan hanya bertahan 2 tahun di pasaran. Setelah itu produk ini tidak pernah diproduksi lagi.

Museum Kegagalan Foto: (dok. Museum Kegagalan)

Namun, menurut West, produk gagal ini mewakili kemauan bisnis untuk mengambil risiko dalam inovasi. Perlu kita ingat bahwa tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan.

“Museum Kegagalan bertujuan untuk merangsang diskusi produktif tentang kegagalan dan menginspirasi orang untuk mengambil risiko yang berarti,” tulis Museum Kegagalan di situs webnya.

[Gambas:Instagram]

Informasi bagi para traveller bahwa Museum Kegagalan adalah museum keliling, artinya museum berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Beberapa lokasi yang pernah dikunjungi museum ini antara lain Swedia, Los Angeles, Paris, Shanghai, dan Minnesota. Pada bulan Juni tahun ini, Museum Kegagalan diadakan di Calgary, Kanada.

Tonton Video “Patung Lilin Unik Mirip Asli Yogyakarta”
[Gambas:Video 20detik]
(sim/sim)