Morgan Freeman membuka Piala Dunia 2022 Qatar dengan menyampaikan pidato dengan ditemani Ghanim Al Muftah.


Jakarta, CNNIndonesia

Morgan Freeman membuka Piala Dunia 2022 Qatar yang digelar di Stadion Al Bayt, Al Khor, Minggu (20/11) malam. Aktor memasuki stadion dan menyampaikan pidato pembukaan.

“Sepak bola menyatukan bangsa,” kata Morgan Freeman dalam monolognya.

“Kita berkumpul di sini sebagai satu suku besar, dan Bumi adalah tenda tempat kita tinggal,” tambahnya.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Morgan Freeman kemudian didampingi oleh Ghanim Al Muftah yang merupakan Brand Ambassador Piala Dunia 2022.

Ghanim yang menderita Caudal Regression Syndrome (CDS) juga hadir dalam acara pembukaan tersebut. Ia membacakan ayat-ayat suci Alquran, khususnya Surat Al-Hujurat ayat 13 yang berbunyi:

“Hai manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal”.

Namun, kehadiran Morgan Freeman di upacara pembukaan Piala Dunia 2022 juga mengundang kritik. Pasalnya, Freeman termasuk sosok yang menawarkan Amerika Serikat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 pada 2010.

Maka, penampilan Freeman di pembukaan Piala Dunia di Qatar mengejutkan penonton.

Usai Morgan Freeman menyampaikan pidato pembukaannya, Jungkook BTS tampil di atas panggung dengan soundtrack resmi Piala Dunia 2022 berjudul Dreamers.

Dia berpakaian serba hitam dari ujung kepala sampai ujung kaki. Jungkook mengenakan jaket bomber dengan celana hitam dan sepatu bot.

Idol berusia 25 tahun itu tidak tampil sendirian. Dari pertengahan lagu hingga akhir, Jungkook bernyanyi diiringi penyanyi solo lokal, Fahad Al Kubaisi.

Morgan Freeman kemudian kembali ke stadion untuk melanjutkan pidatonya setelah Jungkook tampil.

Piala Dunia Qatar 2022 adalah ekstravaganza sepak bola yang sangat kontroversial. Peristiwa itu diliput berbagai tudingan pelanggaran HAM.

Para pekerja, yang sebagian besar berasal dari negara-negara Afrika dan Asia, dikatakan tidak dibayar.

Selain itu, mereka juga menghadapi kondisi tempat kerja yang tidak aman yang mengakibatkan laporan ribuan pekerja meninggal di tempat kerja.

Piala Dunia Qatar 2022 akan berlangsung dari 20 November hingga 18 Desember.

(sebelum/sebelum)