Menkes Minta Cepat-cepat Booster Pakai Vaksin IndoVac, Ini Alasannya


Jakarta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menanggapi laporan World Health Organization (WHO) di Jawa dan Bali terkait penularan komunitas level 2. Insiden kasus yang diketahui adalah 22 per 100 ribu penduduk.

Menurutnya, tren kasus COVID-19 di Indonesia akibat subvarian Omicron XBB dan BQ.1 akan terus meningkat. Bahkan dalam waktu dekat, kasus harian di puncak rata-rata diprediksi mencapai 10-15 ribu per hari.

“Covid-19 sekarang akan meningkat dan akan terus meningkat. Setiap hari kita cek puncaknya hampir tercapai. Estimasi Desember ini harus tercapai,” ujarnya menanggapi pertanyaan WHO yang menetapkan Jawa-Bali pada level 2 untuk COVID-19, saat ditemui di hotel Shangri La, Jumat (25/11/2022).

Sejauh ini, kasus harian tertinggi COVID-19 telah dilaporkan sebanyak 8.000. Mengingat apa yang terjadi di negara lain, Menkes mengatakan jumlah infeksi COVID-19 tambahan per hari mungkin lebih tinggi.

“Sudah berapa yang dicapai? Di negara lain BA.4 dan BA.5 lebih tinggi. Sekarang kita juga lebih tinggi 8.000? Tapi kita tidak akan setinggi BA.1,” lanjutnya.

“Jadi saya kira kita sudah mencapai 20 ribu, kita masih oke,” pungkasnya.

Simak Video “Terpapar Covid-19, Menkes Budi: Doakan Semoga Cepat Sembuh”
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kn)