Kasus COVID-19 Ngedrop, India Cabut Aturan Wajib Masker saat Naik Pesawat


Jakarta

Pemerintah India secara resmi telah menghapus aturan wajib masker pada penerbangan domestik dan internasional. Keputusan ini diambil setelah mempertimbangkan penurunan kasus COVID-19 di India.

Meski tidak lagi wajib, Kementerian Penerbangan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga India, menyarankan agar penumpang tetap memakai masker selama penerbangan.

“Mengingat ancaman yang ditimbulkan oleh COVID-19, semua penumpang harus memakai masker/penutup wajah. Referensi khusus untuk tindakan denda/penalti tidak perlu diumumkan sebagai bagian dari pengumuman dalam penerbangan,” kata Kementerian Penerbangan, dikutip oleh Zaman Hindu.

Kementerian Perhubungan juga mengungkapkan bahwa referensi khusus untuk denda/penalti tidak perlu diumumkan sebagai bagian dari pengumuman dalam penerbangan. Artinya, penumpang tidak akan dikenakan larangan dan denda jika tidak menggunakan masker saat melakukan perjalanan dalam penerbangan.

Sebelumnya, India telah mengamanatkan penggunaan masker sesuai panduan Mei 2020 untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19. India juga telah melarang penerbangan komersial selama dua bulan karena timbulnya pandemi COVID-19, dan penerbangan baru dilanjutkan mulai 25 Mei 2020 secara bertahap.

Awalnya, pemerintah mengizinkan maskapai mengoperasikan 33 persen dari jadwal penerbangannya. Ini akan ditingkatkan secara bertahap menjadi 100 persen pada Oktober 2021.

Tonton Video “Singapura Mencabut Aturan Wajib Masker di Kamar Mulai Minggu Depan”
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)