Batam – Sebuah video viral di media sosial menghebohkan masyarakat Batam. Dalam video tersebut dinarasikan sebuah mobil pikap tengah mengangkut ribuan surat lamaran kerja untuk dibuang.
Dilihat detikSumut, Minggu (20/11/2022), video tersebut direkam oleh seorang pengendara sepeda motor yang tepat berada di belakang mobil pikap yang sedang melaju di jalan raya. Mobil tersebut terlihat mengangkut ribuan berkas. Mobil pikap tersebut menggunakan plat kendaraan berwarna merah dengan nomor polisi BP 8304 C.

“Parah nih, semua lamaran kerja semua,” kata perekam video tersebut.

Video viral tersebut oleh sebagian warganet dinarasikan sebagai ribuan berkas lamaran kerja pada Job Fair atau Bursa Kerja Batam yang akan dibuang. Bursa kerja diselenggarakan oleh Disnaker Batam pada 7-9 November 2022 di SP Plaza, Batu Aji, Kota Batam.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batam, Rudi Sakyakirti membantah video viral tersebut. Ia menegaskan pihaknya tidak pernah membuang berkas lamaran yang diajukan masyarakat pada Job Fair Batam.

“Hoaks itu, tidak benar. Berkas lamaran pelamar itu masih disusun pegawai sesuai tujuan perusahaan yang dilamar dan akan didistribusikan ke perusahaan tujuan,” kata Rudi.

“Kami juga tidak tahu itu mobil siapa. Siapa yang mengendarai mobil itu dan kejadiannya dimana,” sebutnya.

Baca juga:
Game online dengan hadiah jutaan rupiah? klik disini !

Rudi menjelaskan berkas lamaran yang diterima pada Job Fair lalu ada sebanyak 30 ribuan berkas. Berkas lamaran tersebut sedang dipisahkan sesuai tujuan perusahaan yang dilamar pencari kerja.

“Saat ini sedang di verifikasi KTP Batam dan KTP luar, serta disortir ke tujuan perusahaan masing-masing. Setelah selesai akan kita serahkan ke perusahaan masing-masing yang dituju pelamar,” ujarnya.

“Perkiraan Minggu depan akan rampung dan mulai didistribusikan ke perusahaan yang dituju. Ada 30 ribu lebih surat lamaran. Dengan estimasi pelamar 12-13 ribu orang. Ada yang memasukkan dua sampai tiga berkas lamaran,” tambahnya.