Honda dan Sony Group berkolaborasi menantang hegemoni Tesla di dunia.


Jakarta, CNNIndonesia

Sony Honda Mobility, perusahaan mobil listrik kolaborasi antara Honda Motor dan Sony Group sedang mempertimbangkan untuk menanam PS5 di mobil mereka. Idenya adalah untuk menantang Tesla milik Elon Musk.

Berbicara kepada Financial Times, Izumi Kawanishi, Presiden Sony Honda Mobility mengatakan “secara teknologi memungkinkan” untuk mengintegrasikan platform Playstation 5 ke dalam mobil listrik.

Sony tidak hanya menyuntikkan game ke dalam mobil seperti yang dilakukan Tesla.

“Rencananya mobil ini akan dikembangkan sebagai perangkat yang memberikan hiburan dan networking,” ujar Yasuhide Mizuno, Chairman Sony Honda Mobility.

Namun, ada masalah yang perlu diselesaikan oleh Sony Honda Mobility adalah bagian mobilitas dan fungsionalitas mobil yang sebenarnya.

“Untuk menikmati ruang di mobil Anda, Anda harus menjadikannya ruang yang tidak perlu Anda kendarai,” jelas Kawanishi. Di sisi lain, dia mengakui proses pembuatannya memakan waktu lama.

Diketahui Honda telah memasang target pada awal tahun 2022 untuk dapat meluncurkan 30 model EV (mobil listrik) secara global dan memproduksi sekitar 2 juta EV per tahun mulai tahun 2030. Bukan tidak mungkin jajaran mobil listrik Honda akan tersedia di PS5.

Proyek ini menjadi salah satu alasan kedua perusahaan berkolaborasi awal tahun ini. Sony tidak hanya menghadirkan peranti lunak untuk mobil listrik, tetapi juga sensor dan teknologi yang dibutuhkan agar mobil dapat dikendarai secara otomatis.

Keduanya berharap bisa menyalip Tesla dalam mengembangkan kemampuan Full Self-Driving di mobil mereka. Namun sensasi bermain PS5 di dashboard mobil listrik ini belum akan terwujud dalam waktu dekat.

Pasalnya, Sony dan Honda baru akan mendistribusikan unit pertamanya pada 2026 di pasar Amerika. Dengan adanya mobil ini, Sony dan Honda bertaruh mobil listrik mereka bisa menjadi pembeda di industri otomotif.

Belum ada gambaran jelas tentang mobil konsep tersebut. Namun, Sony sempat menunjukkan konsep Vision-S01 dan SUV versi 02 di Consumer Electronics Show (CES) 2022.

Vision-S dibuat dengan produsen mobil Magna dan dilengkapi dengan motor ganda 200kW yang dapat mempercepat mobil dari 0 hingga 100 km/jam dalam 4,5 detik. Mobil tersebut juga dibuat dengan 10 sensor gambar plus lidar, radar dan ultrasonik, serta terdapat sembilan layar yang tersebar di seluruh mobil.

[Gambas:Video CNN]

(dmr/mik)

[Gambas:Video CNN]