Riwayat Kesehatan Ki Joko Bodo Sebelum Meninggal, Hipertensi-Pembengkakan Kaki


Jakarta

Ki Joko Bodo meninggal dunia dalam usia 57 tahun pada Selasa, (22/11/2022). Sebelum meninggal, putri Ki Joko Bodo, Ayda Prasasti, mengatakan ayahnya memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Menurut Ayda, Ki Joko Bodo akan menjalani pemeriksaan rutin di rumah sakit pada Kamis. Namun, takdir berkata lain.

“Ditemukan [riwayat] tekanan darah tinggi. Ayah saya memang ada jadwal kontrol di hari Kamis, tapi dia berangkat lebih awal,” kata Ayda dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (22/11).

Meski begitu, Ayda menyebut ayahnya meninggal tanpa sebab yang jelas. Dia percaya ayahnya meninggal karena takdir.

Apa itu Hipertensi?

Dikutip dari Klinik Cleveland, hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat berbahaya jika tidak ditangani. Hal ini dapat membuat seseorang berisiko terkena stroke, gagal jantung, gagal ginjal, dan masalah medis lainnya.

Istilah tekanan darah sendiri dapat diartikan sebagai kekuatan peredaran darah terhadap dinding arteri tubuh yang merupakan pembuluh darah utama. Besarnya tekanan yang terjadi tergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja.

Seseorang dapat mengalami tekanan darah tinggi ketika lebih banyak darah yang dipompa oleh jantung dan disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di arteri.

Penyebab Hipertensi

Dikutip dari NHS, salah satu penyebab hipertensi adalah adanya kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes dan obesitas yang dapat meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, berikut penyebab hipertensi lainnya:

Terlalu banyak asupan garam. Tidak cukup makan buah dan sayuran. Tidak cukup olahraga. Terlalu banyak asupan alkohol atau kafein
Merokok Tidak banyak tidur atau mengalami gangguan tidur Keturunan

Komplikasi Hipertensi

Berikut beberapa komplikasi yang dapat timbul akibat hipertensi:

Nyeri dada atau angina Serangan jantung, yang terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat dan sel otot jantung mati karena kekurangan oksigen. Semakin lama aliran darah tersumbat, semakin besar kerusakan yang terjadi pada jantung Gagal jantung, yang terjadi ketika jantung tidak dapat lagi memompa cukup darah dan oksigen ke organ vital lainnya Detak jantung tidak teratur akibat hipertensi juga dapat menyebabkan kematian mendadak Penyumbatan darah dan oksigen mengalir ke otak karena hipertensi dapat memicu stroke Hipertensi dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang berujung pada gagal ginjal

Tonton Video “Awas! Ahli Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda”
[Gambas:Video 20detik]
(suc/vyp)