Kerusakan awal pada fan belt biasanya bisa dikenali dari ciri-ciri fisiknya seperti mulai kendur dan permukaannya retak-retak dan ada suara berdecit.


Jakarta, CNNIndonesia

Fan belt atau sabuk kipas berfungsi untuk menyalurkan putaran mesin ke berbagai komponen mobil seperti AC, power steering hidrolik, poros alternator, pompa air dan lain-lain. Komponen tersebut dapat aus dan tidak berfungsi secara maksimal.

Kerusakan dini pada fan belt biasanya dapat diketahui dari ciri fisiknya seperti mulai kendor dan permukaannya retak-retak serta terdapat suara mencicit. Akibatnya komponen tersebut harus diganti. Namun ada beberapa cara untuk mengatasinya dan bisa digunakan untuk sementara waktu, berikut caranya:

Gunakan air sabun

Ini adalah cara termudah untuk mengatasi kesalahan sabuk kipas yang bising dan mengganggu. Gunakan air sabun dan semprotkan pada permukaan sabuk kipas. Namun perlu diingat, cara ini tidak bisa bertahan lama untuk menahan suara bising dari fan belt dan tidak disarankan untuk dilakukan terus menerus.

Tetapi dapat membantu jika Anda berada dalam situasi darurat. Cara pertama dan termudah untuk mengatasi sabuk kipas mobil yang berisik adalah dengan menyemprotkan campuran air sabun pada sabuk yang berisik.

Minyak pelumas

Cara lain untuk mengatasi fan belt yang rusak adalah dengan mengoleskan pelumas mesin ke permukaannya. Lakukan dengan hati-hati dan hindari penggunaan pelumas yang terlalu banyak, karena jika permukaan fan belt terlalu berminyak justru akan menyebabkan fan belt menjadi selip dan lebih berisik.

Gunakan minyak

Untuk mengatasi kerusakan pada fan belt, anda juga bisa menggunakan grease atau oli. Seperti halnya oli mesin, cairan ini tidak boleh digunakan secara berlebihan. Karena gemuk berlebih juga bisa membuat fan belt selip.

Gunakan cairan khusus untuk sabuk kipas

Cara lain yang efektif untuk mengatasi kebisingan yang disebabkan oleh kerusakan sabuk kipas adalah dengan menggunakan yang diformulasikan untuk sabuk kipas. Biasanya produk ini dijual di pasaran dalam bentuk kaleng semprot yang mudah digunakan.

Cara penggunaannya juga mudah, Anda hanya perlu menyalakan mesin sambil menyemprotkan cairan pada fan belt hingga suara bising hilang. Sama seperti menggunakan oli atau gemuk, jangan berlebihan saat menyemprotkan cairan ini. Karena tidak hanya menyebabkan tali kipas selip, kabin mesin juga akan kotor, kata Suzuki.

[Gambas:Video CNN]

(mik)

[Gambas:Video CNN]