Belajar dari Warga Jepang, Tertib Rayakan Kemenangan di Jalan


Jakarta

Orang Jepang menjadi perhatian dunia karena keteraturan mereka di Piala Dunia 2022. Mulai dari membersihkan sampah hingga rutin merayakan kemenangan di jalanan.

Masyarakat Jepang tersenyum lebar usai timnas Jepang sukses mengalahkan Jerman di babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2022, Rabu (23/11/2022) malam. Tidak hanya para penonton di Khalifa International Stadium yang bergembira, para fans di Tokyo juga merayakannya.

Salah satunya terlihat dari keramaian di zebra cross Shibuya yang ikonik atau Shibuya Crossing. Seperti diketahui, Shibuya Crossing merupakan titik penyeberangan tersibuk di Jepang dan juga dunia. Setiap harinya, jumlah pejalan kaki bisa mencapai 1 juta orang.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Persimpangan Shibuya juga dikenal memiliki lampu lalu lintas dengan durasi pendek. Maka tak heran orang Jepang selalu berjalan cepat untuk sampai ke seberang.

[Gambas:Twitter]

Namun, situasi yang sibuk ini tidak menyurutkan semangat Jepang untuk merayakan kemenangannya di Shibuya Crossing. Kerumunan warga terekam oleh kamera CCTV dan kaset disiarkan secara langsung.

Dari kamera CCTV, terlihat masyarakat Jepang masih bisa tertib saat merayakan kemenangan. Mereka menunggu sampai lampu menyala merah, lalu menghambur ke tengah jalan untuk merayakannya.

Massa juga dikelola dengan baik oleh polisi yang berjaga. Polisi merentangkan garis pemisah untuk menjaga keamanan warga.

Lalu saat lampu menyala hijau, polisi menertibkan warga. Mereka digiring ke samping untuk memungkinkan pengemudi lewat.

Hebatnya lagi, ketika lampu berubah menjadi hijau, jalanan sepi orang. Pengemudi juga dengan sabar menunggu hingga jalanan benar-benar kosong baru kemudian menjalankan kendaraannya. Sehingga baik pengemudi maupun warga tetap aman.

Simak Video “Pemain Jepang Takuma Asano Sebut Netizen Mirip Komika David Nurbianto”
[Gambas:Video 20detik]
(pin/pin)