Before Now & Then (Nana) menjadi pemenang Film Cerita Panjang Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2022 pada Selasa (22/11).


Jakarta, CNNIndonesia

Lalu Sekarang & Lalu (Nana) memenangkan Film Fitur Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2022 digelar di Plenary Hall Jakarta Convention Center pada Selasa (22/11) siang.

Di kategori tersebut, film ini berhasil mengalahkan beberapa judul lainnya seperti Otobiografi, Dulu, Kini & Dulu (Nana), Mencuri Raden Saleh. Seram, nikmat, dan seperti balas dendam, rindu harus terbayar lunas.

“Ini untuk nenek moyang kami di Tanah Sunda, terima kasih,” ucapnya Kamilia Andini Singkat sebagai sutradara film tersebut, Selasa (22/11).

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Selain Best Film, Before Now & Then juga memenangkan beberapa kategori lainnya, seperti Best Picture Editor, Best Music Director, Best Artistic Director, dan Best Cinematography Director.

Sebelumnya, Before Now and Then juga menjadi Film Terbaik di Asia-Pacific Screen Awards 2022 (APSA) yang digelar pada Jumat (11/11).

Selamat Salma sebagai bintang utama film tersebut menerima piala secara langsung di ajang yang berlangsung di Gold Coast, Australia.

Seperti dilansir dari Variety, kemenangan ini merupakan yang pertama bagi film Indonesia untuk meraih trofi Film Terbaik di Asia Pacific Screen Awards dan pertama kali diraih oleh seorang wanita.

Lalu, Now & Then diputar di Berlin International Film Festival 2022. Pada kesempatan itu, Laura Basuki memenangkan piala Silver Bear untuk Penampilan Pendukung Terbaik atas penampilannya sebagai Ino.

[Gambas:Video CNN]

Before, Now & Then berlatar tahun 1960-an, ketika perang dan konflik pecah di Jawa Barat. Dalam situasi itu, Nana (Happy Salma) kehilangan suaminya yang diculik ke hutan. Dia juga harus melarikan diri dari komplotan yang ingin menjadikannya istrinya.

Kejadian ini juga merenggut nyawa ayahnya, memiskinkannya, dan juga kehilangan putranya. Nana terus memimpikan mereka bahkan sekarang Nana telah memulai hidup barunya dengan Raden Darga.

Meski kini hidup nyaman dengan keluarga kaya, hidup Nana tidaklah mudah. Penduduk desa masih menganggap Nana sebagai wanita yang hanya menginginkan kekayaan suaminya.

Suatu hari, Nana bertemu dengan Ino (Laura Basuki), yang dianggap berbeda dengan wanita lain. Nana merasa lebih mandiri saat bersama wanita itu.

Selain Happy Salma dan Laura Basuki, film ini juga dibintangi oleh Ibnu Jamil dan Arawinda Kirana.

Before Now and Then bisa ditonton di Prime Video.








(jauh/kri)