Batu Raksasa Cianjur Tak Goyah Digoyang Gempa


Cianjur

Sebuah desa di Cianjur memiliki sebuah batu raksasa di dekat turunannya. Dia masih dalam posisi bahkan setelah gempa besar melanda.

Batu Iuh masih kokoh berdiri meski diguncang gempa bermagnitudo 5,6 di Cianjur, Senin (21/11/2022). Batu raksasa di Desa Cigangkareng, Kecamatan Cibinong, Cianjur itu tak bergerak sedikit pun dari posisinya.

Tokoh masyarakat Kampung Cikankareng Asep BM mengatakan, gempa yang berpusat di Kecamatan Cugenang dirasakan sampai Cianjur selatan termasuk Kampung Cikankareng yang terletak di Batu.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Gempanya terasa, cukup kuat. Tapi Batu Iuh aman. Masih berdiri kokoh, tidak bergeser sedikit pun dari tempatnya,” kata Asep, Jumat (25/11/2022).

Menurutnya, Batu Iuh sempat diguncang gempa yang lebih besar yakni 7,3 skala Richter pada 2009 lalu. Gempa tersebut meluluhlantahkan Kampung Cikangkareng dan beberapa wilayah di selatan Cianjur, namun tidak di Batu Iuh.

“Artinya sudah terjadi dua kali gempa besar. Bahkan tahun 2009 gempanya lebih kuat dan berpusat di selatan. Tapi setelah gempa tahun 2009 dan kemarin, Batu Iuh tetap kuat,” jelasnya.

Batu Iuh di Cianjur yang berdiri kokoh meski diguncang gempa (Foto: Ikbal Selamet/detikJabar)

Kepala Kampung Cikangkareng, Epi Hakim mengatakan, meski gempa terasa di Cikangkareng, namun tidak ada rumah yang rusak.

“Rumah warga aman, tidak ada yang rusak sedang maupun ringan. Apalagi di Batu Iuh masih kuat. Rumah di sebelah Batu Iuh juga tidak mengalami kerusakan,” katanya.

Sekadar diketahui, Batu Iuh merupakan sebuah batu karang raksasa yang berdiri kokoh di pinggir jalan di Desa Cikangareng, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. Batu ini menjadi viral.

Pasalnya, meski hanya menempel di permukaan tanah, batu yang dikenal sebagai batu ini tak pernah bergerak, bahkan saat gempa dahsyat mengguncang Cianjur pada 2009 lalu.

Tonton Video “Gempa Cianjur: Lokasi, Penyebab, dan Akibat”
[Gambas:Video 20detik]
(mis./mis.)