Batik Endek Bali Dihina YouTuber, Jangan Diancam Justru Jadi Promosi


Jakarta

Busana Endek Bali yang dikenakan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Kanada Justin Tredeau, Presiden FIFA Gianni Infantino, Menteri Perdagangan Indonesia Zulkifli Hasan dan pendiri World Economic Forum (WEF) Klaus Martin Schwab pada gala dinner G20 pernah dicemooh YouTuber dari Inggris, Mahyar Tousi.

Melalui akun Twitternya, Tousi menyoroti pakaian yang dikenakannya. Netizen Indonesia langsung bereaksi dan mengancam Mahyar Tousi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

“Apa yang dikenakan idiot ini,” tulis Tousi.

Mahyar Tousi kemudian meminta maaf atas cuitannya. “Sekali lagi, saya minta maaf atas pelanggaran yang tidak disengaja yang disebabkan oleh tweet yang bercanda tentang para pemimpin G20 yang mengenakan pakaian tradisional Indonesia. Kami di Inggris membuat lelucon tentang Sunak & Trudeau yang memakainya tidak memiliki niat buruk dan secara budaya cuek.” dia menyimpulkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meminta masyarakat Indonesia tidak terburu-buru.

“Ada foto salah satu warganet yang viral, dan ini tentu saja ketidaktahuan warganet. Kita tidak boleh menanggapi dengan kemarahan atau ancaman bahkan saling melontarkan kata-kata negatif. Saya sebenarnya ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan bahasa Indonesia. wasta, terutama endek Bali pakai PM Inggris, PM Kanada, dan wah, di tengah gambar itu menteri perdagangan,” kata Sandiaga di Jakarta.

Kain Endek Bali ini, lanjut Sandiaga, telah bekerjasama dengan House of Christian Dior dan sejak tahun 2021 telah mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari dunia luar.

“Sebetulnya kita harus membantu ketidaktahuan Mahyar Tousi dengan informasi dengan menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikannya kembali. Maka dari itu kami mengajak masyarakat untuk menghargai penggunaan orang buangan Indonesia dan tidak menjelek-jelekkan kami dengan berkomentar negatif meskipun ini didasari oleh ketidaktahuan. Katanya Mahyar Tousi diancam macam apa, netizen Indonesia mau ditentang, ngeri banget, netizen Indonesia hot banget,” kata Sandi sambil tertawa.

Sandi kemudian menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak yang turut mensukseskan KTT G20 di Bali. “Saya berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi terbaik untuk kontribusi terbaik Indonesia sebagai negara yang dinilai tinggi dan mampu mencatat prestasi menjadi tuan rumah sukses KTT G20,” kata Sandiaga.

Simak Video “Kisah Sandiaga Uno Perjuangan Bali Bangkit dari Dampak Covid-19”
[Gambas:Video 20detik]
(dd/dd)