Apa Itu Caudal Regression Syndrome? Kondisi yang Diidap Ghanim Al Muftah


Jakarta

Pelantun Piala Dunia 2022 di Qatar, Ghanim Al Muftah menderita penyakit langka Caudal Regression Syndrome (CRS) sejak lahir.

Sosoknya langsung menjadi sorotan saat membacakan Surat Al Hujurat ayat 13 saat berbincang dengan aktor Morgan Freeman. Pemain berusia 20 tahun itu juga terpilih sebagai Duta Piala Dunia 2022 atas kegigihannya melawan penyakit yang dideritanya.

“Saya bekerja dengan semua jenis orang, dari segala usia dan kebangsaan, yang berkumpul untuk satu tujuan. Mereka memberi saya harapan besar untuk masa depan. Ini merupakan pengalaman yang memperkaya dan saya berteman seumur hidup. Ini akan menjadi lebih baik lagi di Piala Dunia,” ujar Ghanim saat terpilih sebagai duta Piala Dunia ke-202

Apa itu Sindrom Regresi Caudal?

Dikutip dari National Library of Medicine, Caudal Regression Syndrome merupakan kelainan yang mengganggu perkembangan tubuh bagian bawah. Daerah yang terkena mungkin termasuk punggung bagian bawah dan kaki, saluran genitourinari, dan saluran pencernaan.

Gangguan ini menyebabkan tulang belakang bagian bawah menjadi cacat atau hilang dan bagian dari sumsum tulang belakang juga tidak teratur. Mereka yang terkena penyakit ini dapat memiliki tulang belakang yang tidak lengkap.

Orang dengan Sindrom Regresi Caudal juga dapat mengalami kelengkungan tulang belakang yang tidak normal (skoliosis). Kelainan tulang belakang dapat memengaruhi ukuran dan bentuk dada, menyebabkan masalah pernapasan pada beberapa individu.

Penyebab Sindrom Regresi Caudal

Caudal Regression Syndrome dapat menyerang siapa saja. Beberapa penyebabnya bersifat genetik, dan mutasi genetik biasanya terjadi secara sporadis. Artinya, penyakit ini bisa terjadi meski tidak ada riwayat keluarga.

Gejala Sindrom Regresi Caudal

Gejala sindrom langka seperti yang dialami Ghanim Al Muftah biasanya meliputi:

Tulang sumsum tulang belakang dan tulang belakang bagian bawah (vertebra) berbentuk tidak normal atau hilang. Kantung berisi cairan terbentuk di dekat sumsum tulang belakang di mana tulang belakang mereka tidak sepenuhnya menutup di sekitar sumsum tulang belakang. Kelengkungan tulang belakang (skoliosis). Tulang pinggul kecil. Dada berbentuk tidak beraturan, yang menyebabkan masalah pernapasan. Punggung rata dan lesung pipit.

Tonton video “Vaksin Inavac Unair Mendapat Otorisasi Penggunaan untuk Booster”
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)